Kemasan Tetra Pak: Bisakah Didaur Ulang?

Sebelumnya mungkin banyak yang belum tahu apa itu tetra pak. Jaman sekarang banyak minuman atau makanan cairan yang dikemas dengan kemasan tetra pak. Alasan utama adalah karena ringan: seperti kertas pada umumnya, tetapi tetap menjaga kualitas makanan/minuman yang dikemas.

Tidak seperti kertas karton biasa, tetra pak mempunyai lapisan plastik dan aluminium. Tetra pak terdiri dari 75% kertas, 20% dari Polyethyelene (seperti bahan botol plastik) dan 5% dari aluminium. Hal ini menyusahkan proses daur ulang tetra pak.

Ilustrasi Kemasan Tetra Pak
Lapisan Tetra Pak (sumber: Tetrapak.com)

Efek Lingkungan

Ada sejumlah perdebatan tentang apakah tetra pak sebenarnya membantu lingkungan. Ketika tetra pak tidak berharga untuk pemulung, banyak tetra pak yang ditinggalkan. Kenyataannya, Tetra Pak tidak akan dapat sepenuhnya terdegradasi seperti kertas biasa dan akan terus mencemari lingkungan.

Dalam Industri

Dari segi industri, penggunaan tetra pak akan mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dalam proses produksi dan distribusi. Kenapa? Alasan pertama adalah karena ringannya tetra pak dibandingkan alternatif seperti aluminium (kaleng minuman). Alasan kedua adalah makanan/minuman yang tersimpan lebih lama tidak menghasilkan banyak sisa makanan.

Daur Ulang?

Kembali lagi ke pertanyaan kita di awal: apakah tetra pak dapat didaur ulang? Bisa, bahkan di kemasan tetra pak asli ada anjuran untuk mendaur ulang kemasan setelah digunakan. Menurut data di Eropa, hanya sekitar 40% tetra pak didaur ulang setiap tahunnya, dan 29% dimanfaatkan untuk pembakaran atau menghasilkan energi. Tentunya angka ini jauh dari yang diharapkan. Pada kenyataannya, proses daur ulang tetra pak memerlukan proses ekstra terutama untuk menghilangkan lapisan plastik dan aluminium. Apalagi di Indonesia, hanya segelintir industri yang mau mendaur ulang Tetra Pak.

Sebagai solusi, kita harus terus mendorong agar industri mau lebih bertanggung jawab untuk mendaur ulang kemasan Tetra Pak dengan memberikan insentif. Atau mungkin sebagai pemakai, kita bisa menggunakan dan membuat produk Tetra Pak untuk keperluan sehari-hari karena dengan karakter sebagus Tetra Pak yang tahan air dan ringan tentunya banyak aplikasi yang dapat dibuat dari Tetra Pak ini.

Topik ini akan dibahas di Live IG pertama Jangjo besok tanggal 6 May 2020, jam 4.30 sore WIB langsung di akun @jangjoindonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *