“Upcycle” With Nia Rachel from Popsiklus by Bikinbikin

Narasumber interview pertama JANGJO ini adalah Nia Rachel, Founder dari Popsiklus by Bikinbikin. Apakah sebenarnya arti “upcycle”? Upcycling adalah proses penggunaan barang bekas untuk membuat produk atau material baru yang berkualitas lebih tinggi dan memiliki nilai lingkungan lebih. Perjalanan Nia membuat produk “upcycle” dari karton susu bekas ternyata cukup panjang. Mari kita simak!

Produk Upcycle
Upcycled Tote Bag

Latar Belakang

Berawal di tahun 2009, sampah rumah Nia saat itu menjadi masalah karena waktu pengambilannya tidak tentu. Solusi yang dilakukan oleh Nia sekeluarga adalah untuk memulai mengolah sampah sendiri. Sampah makanan mulai dijadikan kompos. Sedangkan sampah anorganik dikumpulkan dan dibersihkan, lalu diberikan kepada pemulung.

Pemulung ini sangat berterima kasih karena diberi sampah anorganik yang bersih dan lebih berharga. Tetapi ada satu jenis sampah yang tidak dapat diterima pemulung ini karena tidak berharga: sampah karton susu bekas. Karena itulah, Nia mulai mem-“bikin-bikin” produk upcycle dari Tetra Pak.

Usaha Awal

Awalnya Nia membuat untuk keperluan sendiri, contohnya sebagai hadiah untuk teman. Akhirnya, banyak orderan datang dari luar. Suplai karton susu bekas ini sempat menjadi masalah karena kebutuhan yang banyak. Nia sempat bekerja sama dengan cafe yang membuang sampah karton susu dan meminta donasi dari orang-orang. Tetapi, ternyata sangat sulit untuk mendapatkan karton susu bekas yang bersih dan sesuai.

Akhirnya Nia menemukan satu cafe yang menyediakan karton susu bekas yang rapih dan bersih. Karton bekas yang disediakan juga cocok dengan standar yang dibuat oleh Nia sendiri. Bahkan semua pegawai dilatih oleh Nia pada waktu itu sampai sekarang. Pada akhirnya, cafe tersebut menjadi supplier utama karton susu bekas untuk produk Popsiklus.

Gaya Hidup Zero Waste

Sampai saat ini Popsiklus terus berkembang hingga mempunyai beberapa pegawai tetap. Selain mempekerjakan orang-orang, Nia pun mendapatkan kepuasan dari perubahan gaya hidup dari orang-orang sekitarnya. Banyak orang seperti “tertular” memulai gaya hidup zero waste karena awalnya dimintai karton susu bekas. Pada akhirnya, malah menjadi kebiasaan baru dan lebih sadar diri dalam memilah sampah, atau juga mengurangi sampah yang dihasilkan.



Produk Upcycle

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *