Peran Lampu LED Dalam Menyelamatkan Lingkungan

Hari ini saya baru saja melakukan interview Podcast dengan In-Lite, sebuah perusahaan lampu LED ternama. Topik wawancara kali ini lebih banyak mengupas tentang visi misi Jangjo. Sayangnya karena waktu yang terbatas kami tidak sempat banyak berdiskusi hal lain.

Kebutuhan Energi

Ada satu diskusi menarik saat pewawancara meminta kesan saya terhadap lampu LED. Langsung saya teringat akan fakta menarik dari buku The Upcycle by William Braungart dan Michael Clinton. Saat interview saya tidak ingat pasti jumlahnya; tetapi menurut buku itu di tahun 2010, energi yang dibutuhkan Amerika Serikat untuk menyalakan lampu di rumah-rumah dan area komersil adalah sebesar 499 milyar kWh. Dengan asumsi semua adalah lampu bohlam 100 W, jika diganti semua dengan LED, maka energi yang dibutuhkan berkurang jauh menjadi 99.8 milyar kWh saja.

Lampu LED

Ketersediaan dan Keunggulan

Dulu mungkin kita berpikir dua kali untuk mengganti lampu menjadi LED karena harganya yang mahal. Tetapi, sekarang harga semakin terjangkau dan performancenya semakin mumpuni. Bahkan petani jaman sekarang banyak menggunakan lampu LED untuk menumbuhkan hasil pertanian. Beberapa macam buah dan sayuran – contohnya stroberi – tidak memerlukan seluruh spektrum cahaya dari matahari untuk tumbuh. Stroberi hanya membutuhkan cahaya kemerahan dan kebiruan.

Keunggulan LED adalah kita dapat mengatur jenis frekuensi cahaya yang dipancarkan sehingga mengurangi kebutuhan energi. Jadi, ketika diterapkan, stroberi bisa mendapatkan pancaran cahaya yang mereka sukai. Maka dari itu, stroberi akan tumbuh sangat besar dan manis. Stroberi tersebut bahkan bisa lebih cepat tumbuh karena cahaya dari LED tidak pernah berhenti terpancar.

Kesimpulan

Ajaib. Itulah perbedaan yang dapat kita capai dengan teknologi. Sama halnya dengan sampah, terkadang kita hanya melihat dari sisi aplikasi yang langsung didapatkan hasilnya dan dilakukan. Tetapi sesungguhnya, dengan konsep yang tanpa batas kita dapat mendapatkan sesuatu yang mungkin menjadi ‘gamechanger’ di aplikasi lainnya.

Siapa tahu ada yang ingin serius menumbuhkan stroberi dengan lampu LED, berikut adalah jurnal review tentang topik ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *