Kondisi Sampah Indonesia: “Dari Sampah Jadi Anugerah”, InLite Podcast Eps. 5 featuring JANGJO

Summary

Topik utama interview in-Lite Podcast featuring JANGJO kali ini adalah kondisi sampah di Indonesia. Dalam masa pandemi ini, hal pertama yang harus kita perhatikan adalah kebersihan lingkungan. Dalam proses membersihkan diri dan lingkungan, kita harus semakin aware terhadap sampah. Sayangnya, budaya kita kurang peduli dengan sampah-sampah yang dibuang, contohnya setelah makan.

Apakah Itu JANGJO?

JANGJO adalah sebuah startup penyedia platform untuk menyatukan para stakeholder yang berhubungan dengan pengurusan sampah di Indonesia. Siapa saja stakeholder ini? Ada warga yang membuang sampah setiap hari, tukang sampah atau pemulung, pengepul atau bank sampah yang mengumpulkan sampah berharga, dan industri yang mendapatkan sampah tersebut untuk diolah atau didaur ulang kembali.

Kondisi Sampah di Indonesia

Masalah Kondisi Sampah Di Indonesia

Mengapa kita ingin membuat platform tersebut? Karena kondisi sampah di Indonesia sekarang sebenarnya ada banyak masalah, dan para stakeholder yang disebutkan tadi memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Contohnya, masalah sampah warga terdapat bila sampah mereka tidak diambil secara rutin, sehingga tertimbun dan kurang higienis.

Di sisi lain, tukang sampah yang bekerja secara informal memiliki tantangan dalam segi ekonomi dan sosial – kontrak yang kurang jelas, dibayar dibawah UMR, dipandang buruk oleh komunitas, dan lain-lain.

Pengepul atau bank sampah kurang terhubung dengan para pengolah dan pendaur ulang sampah. Akibatnya, terkadang industri daur ulang sampah kelebihan beberapa jenis sampah dan kekurangan jenis lainnya.

Dalam segi industri daur ulang, mereka kekurangan data untuk memprediksi jumlah sampah yang perlu didaur ulang. Masalah terletak pada mesin yang tidak bisa dibiarkan idle terlalu lama, dan akhirnya mereka harus mengimpor sampah untuk didaur ulang.

Usaha JANGJO

Untuk sekarang kita memang sedang dalam tahap mengajukan beberapa proyek dan terus meningkatkan sistem kami. Kami telah terjun ke lapangan, melakukan pengumpulan sampah, merekrut pemulung sampah yang sudah ada, mengedukasi warga-warga tentang pemilahan sampah, mengajukan kerja sama dengan B2B lainnya (seperti perusahaan daur ulang), dan lain-lain.

Kedepannya kami harap dapat menyediakan platform utama untuk menghubungan para stakeholder, sehingga masalah kondisi sampah di Indonesia dapat terurus dengan cepat dan benar.

1 thought on “Kondisi Sampah Indonesia: “Dari Sampah Jadi Anugerah”, InLite Podcast Eps. 5 featuring JANGJO”

  1. Pingback: Tempat Pembuangan Akhir: Kutukan atau Anugrah? – JANGJO

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *