Masalah Sampah Saat Pandemi: Apa Yang Harus Diketahui?

Meskipun udara sudah menjadi bersih akhir-akhir ini, sampah tetap menjadi masalah yang mengancam lingkungan kita dalam masa pandemi ini. Semakin banyak aktifitas kita di rumah ternyata tidak mengurangi jumlah sampah, malah menambah. Simak video berikut atau baca artikel sepenuhnya:

Kondisi Sampah Sekarang

Disaat wabah COVID-19, petugas sampah kita semakin takut untuk mengumpulkan sampah warga. Sampah warga yang tidak dikumpulkan secara rutin menjadi berantakan, bau, dan menjadi sarang penyakit. Para tukang sampah tak lagi punya penghasilan dan banyak yang sakit atau pulang ke kampung halamannya.

Gambar sampah rumah tangga

Apa Yang Bisa Dilakukan?

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah sampah kita. Pertama, kita bisa memperhatikan cara kita membuang sampah sehari-hari. Pisahkan sampah sebisanya agar para tukang sampah dapat mengumpulkannya dengan lebih mudah dan mendapat keuntungan lebih. Bagaimana bisa? Contohnya, sampah kertas yang tidak ternoda dapat dijual lebih berharga daripada kertas yang basah atau kotor. Oleh karena itu, pisahkanlah sampah-sampah di rumahmu menurut bahan bakunya sebelum membuangnya.

Saat ini warga-warga Indonesia menghasilkan jumlah sampah yang sangat besar bila dibandingkan oleh negara lain. Jadi, selain mengatur pembuangan sampah, kamu juga bisa menaruh perhatian lebih dalam penggunaan barang-barang yang menghasilkan sampah. Contohnya, saat memesan makanan dari luar, kamu bisa memilih untuk tidak mengambil alat makan plastik. Dengan demikian, kamu mengurangi jumlah sampah plastik yang kamu gunakan.

Kamu juga bisa mengikuti program JANGJO. Kami menciptakan sistem yang lebih baik, tidak hanya untuk para pemulung dan tukang sampah, namun juga untuk bank sampah dan industri daur ulang. JANGJO menyediakan platform untuk menyatukan semua pihak yang terlibat dalam pengolahan sampah. Kami adalah menciptakan lingkungan yang lebih bersih, di mana sampah lebih tersortir dan petugas sampah dapat bekerja dengan lebih aman.

Kesimpulan

Bantu lindungi para pemulung dan tukang sampah dari resiko terpapar COVID-19 dengan membuang sampah secara lebih displin. Mari kita bekerja sama untuk mengatasi masalah sampah di Indonesia, selama pandemi ataupun setelahnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *